Minggu, 25 September 2011

ALAY ??? Apaan sih ??


Kita sering banget denger istilah alay. Mungkin beberapa dari kita sempet bertanya-tanya “apa’an sih alay? kenapa dibilang alay?”. Nah, disini gw mau jelasin (ngk sejelas-jelas amat sih) tentang fenomana alay yang udah merajalela dikalangan kita (kita??). Sebelumnya gw mau bilang kalau gw bukan salah satu dari spesies alay.  So, kalo salah satu dari kalian termasuk spesies alay gw mau minta maaf sebesar-besarnya bukan maksud gw jelek-jelekin spesies kalian. Yah. . .  gw cuma iseng aja bahas alay.



Menurut Om wiki. . (hebat yah alay uda masuk di wikipedia) Alay itu singkatan dari Anak LAYangan maksudnya buat nggambarin gaya hidup norak atau kampungan (Oups!!) atau merujuk pada gaya hidup yang berlebihan dan selalu berusaha menarik perhatian.

Ciri-ciri orang yang terjangkit alay  :

·        *  Rambut dicat warna-warni potongan rambut ngk wajar  (bayangin deh apa bagusnya coba’)
·        *  Suka banget ama yang namanya difoto. . Dimanapun pasti nyempetin buat foto
·        * Kalo foto pasti bibirnya dimoncong-moncongin ato nggak jari ditempelin di bibir ato nggk jarinya pose angka, kadang angka satu ditempelin di bibir dan yang paling laris pose jari angka dua. . Kadang juga kalo difoto kakinya musti dibengkongin salah satu. And yang trakhir kalo ambil gambar closeup dari atas (katanya sih biar gak kliatan pesek. . emang gitu kah?) *ini gw amati dari fto profil mreka di facebook ama ava di twitter
·        *  Nickname fb misal yah. . digabung sama nama org yang disuka dengan cara gajelas. Contohnya nih (kalo namanya sama maaf ya) "delita siiphiepiembemmhsaiianks siluthuu. ." atau "delita cinta dyaclamanya" gitulah ya
·       *   Nah, yang paling parah. . Kalo nulis di status FB atau di sms bikin yang baca emosi.
Tulisan gampang sederhana tapi bacanya ampunn bikin keringetan. Kaya gini nih:
1.  nulis kata disingkat, contohnya nih  "lagi apa?" gi pha?? atau bosen banget jadi "bsen bgd nh"
2. memakai simbol tambahan. "p@ k@bar L0e??" atau "~hha. .~ y nh.. lg bosen~"
3. menggunakan huruf Z dibelakang kata. "mlz bgtz!" atau "gurunya malezin yh"
4. tulisan gede-kecil. "aLoW kLiAnZ hArUz ADd GwE YaH!!" atau dengan angggka "K4Ng3nZ dWEcChh" NNNNNZZZZZ

Sebatas itu doang yang gw tau berdasarkan pengamantan gw. Oiya, berdasarkan salah satu blog yang gw baca bilang (ini gw copas aja tanpa gw edit jadi kalo mau protes jgn ke gw) kalo dampak negatif alay bisa buat para remaja penganut alay lupa akan bahasanya sendiri, bahasa Indonesia. Kenapa? karena pada umumnya yang diketahui oleh para penganut cyber, para alay sesungguhnya telah merusak citra dan kaidah bahasa Indonesia, seperti penambahan huruf dalam suku kata. Namun dampak negatifnya bukan hanya itu, para pengamat amatir pun juga beropini bahwa fenomena alay juga bisa merubah moral remaja, karena alay yang dimaksud adalah alay dalam berperilaku seperti dalam berpakaian, bertingkah laku, bergaul dan lain-lain. Sering kita jumpai banyak remaja yang berpakaian ala metal/rock yang amburadul, yang pada aslinya para rocker pun tak berpenampilan serupa, entah mereka dapat inspirasi berpakaian seperti iu dari mana yang jelas itu sudah menjadi titik awal para remaja melupakan pakaian asli Indonesia. Mereka mungkin lebih nyaman dengan penampilan mereka yang seperti demikian rupa. Para alay yang berpakaian seperti itu menimbulkan pandangan miring dari para masyarakat sekitar, karena style mereka berkaitan erat dengan tingkah laku dan moral. Para remaja yang berpenampilan sedemikian rupa pun mayoritasnya adalah remaja yang salah bergaul, mereka dekat dengan dunia gelap yang dapat menghancurkan masa depan mereka sendiri dan pada ujungnya Indonesia lah yang makin menjadi negara terbelakang dikarenakan bangsanya sendiri yang berperilaku seperti itu.
Trus kalo menurut gw  bahasa alay itu ada gunanya juga buat bikin password karna semakin baik itu kalo digabung dgn angka huruf kapital non kapital.


Emang sih tiap orang tu pasti pernah kena gejala alay dan itu nggk salah.. gw juga dulu pernah alay tapi masi dalam skala yang normal  (skarang sih kagak). . Cuma tergantung ama orangnya mau ngilangin alay itu apa nggk. Bagi para alay yang pingin kembali normal saran gw sebaiknya kalian bener-bener niat buat menghilangkan kebiasaan alay. Kalo kalian punya niat pasti bisa deh. . Trus coba buat serius dengerin guru Bahasa Indonesia pas lagi nerangin gimana menulis yang baik dan benar. Satu lagi !! coba deh yang alay di FB ikutan nimbrung Twitter karna twitter itu membatasi penulisan kita cuma sampe 140 karakter jadi efektif banget buat benerin gaya tulisan alay kalian. Kalo uda gitu pasti deh lama-kelamaan kalian bisa sembuh dari gejela alay.


3 komentar:

  1. Wadeh bebh, mu jg scra g lgsg mnunjukan alaymu pake kt 'gw'. Org jbg ga da yg ngmog 'gw' dan gw harusny adlah gue. Yah.., sdkit bnyak q bangga trmasuk dlm spesies alay. AhahaWadeh bebh, mu jg scra g lgsg mnunjukan alaymu pake kt 'gw'. Org jbg ga da yg ngmog 'gw' dan gw harusny adlah gue. Yah.., sdkit bnyak q bangga trmasuk dlm spesies alay. Ahaha

    BalasHapus
  2. Yah udah deh AKU !! hahaha
    aku lo juga nyebutin kalo pernah alay.
    hahahahaha.. spesiesmu tak post spesiesku kamu post kita partner yang baik

    BalasHapus
  3. Wkwkwk, ia bebh. bntar lagi q ngepost ttg klanjutany galauerz, yaitu empty heart. Udah tag ketik jg tp luwm tag posting. Tugu pemostingan.ny ya.... ;)Wkwkwk, ia bebh. bntar lagi q ngepost ttg klanjutany galauerz, yaitu empty heart. Udah tag ketik jg tp luwm tag posting. Tugu pemostingan.ny ya.... ;)

    BalasHapus