Rabu, 28 September 2011

the best children writer *ENID BLYTON* and her books that I ever read


Pada  tau nggk siapa Enid Blyton ? masasih kagak tau ?
Enid Blyton itu penulis novel anak-anak asal London Inggris lahir pada 11 Agustus 1897 yang merupakan penulis buku anak terkenal di abad 20 . Gila yah uda lama banget, iyalah orang Enid uda tua waktu ibu gw masi SMA. Novel karyanya sudah ada sejak jaman dulu dan dikhususkan buat anak-anak, namun sampai saat ini masih memiliki banyak penggemar dan bukunya beredar di toko-toko buku yah tentu dalam centakan baru. Jiwa novel karya Enid adalah jiwa anak-anak tetapi bisa dinikmati semua umur karena bahasa yang digunakan bisa diterima semua kalangan dari berbagai jaman serta banyak mengandung nilai moral. Karya Enid sudah diterjemahkan kedalam 3400 bahasa, dan telah terjual lebih dari 400 juta eksemplar. Woaw. . hebat banget !!
Nah, beberapa buku karyanya yang terkenal adalah :
  • The Adventure Series (1944-1950)
  • The Barney Mystery Series (1949-1959)
  • The Circus Series (1938-1952)
  • The Famous Five (1942-1963) (Lima Sekawan)
  • The Five Find-Outers (1943-61)
  • The Magic Faraway Tree series (1939-1951)
  • Mary Mouse (1942-1964)
  • Malory Towers (1946-1951) (Malory Towers)
  • The Mistletoe Farm series (1948-1950)
  • Naughtiest Girl series (1940-1952)
  • Noddy (1949-63)
  • The Secret Seven (1949-63) (Sapta Siaga)
  • St. Clare's series (1941-43)
  • Wishing Chair series (1937-2000)
Dan yang udah diterjemahin ke bahasa Indonesia :



·         Pasukan Mau Tahu
·         Lima Sekawan ( ini nih yang paling populer)
·         Sapta Siaga
·         Si Badung 
·         St. Clare's Series
·         Malory Towers (ini juga bagus) 
Gw kasi tau sedikit cerita tentang Lima Sekawan. Gw pengen banget punya buku-bukunya Enid minimal yang Lima Sekawan lengkap aja gw uda seneng. Tiap hari gw kunjungi perpus sekolah buat nyari bukunya Enid yang nylempit-nylenpit di rak-rak dan gw harus jeli karna tu buku uda usang banget jadi susah nyarinya. Gw juga bela-belain ke loakan buat hunting tu buku tapi kagak nemu beli di gramedia juga ga boleh ama ortu katanya sih “buang-buang duit aja, uda segede gini  kq bacaannya anak-anak” (ngenes banget yeh nasib gw)
Lima Sekawan (seri)


Lima Sekawan ato The Famous Five dalam bahasa Inggris terbit pertama kali tahun 1942 di Inggris (Sebelum Indonesia merdeka uda ada dan masi eksis sampe skrang. Give applause to Enid ^^) , seri pertama Five on a Treasure Island (Lima Sekawan di Pulau Harta Karun) dapet banyak pujian and kritik. Seri novel Lima Sekawan uda jadi pilihan cerita terfavorit buat anak-anak mancanegara (termasuk gw yang uda bisa dibilang hampir dewasa). Kata ibu gw juga seri bukunya uda dijadiin film.
Lima Sekawan adalah grup fiksi detektif cilik - Julian, Dick, Anne dan George serta anjing mereka, Timmy. Dalam liburan sekolah, mereka sering terlibat dalam kasus-kasus menarik yang misterius serta melakukan petualangan yang menarik. Tempat yang menjadi latar belakang cerita Lima Sekawan kebanyakan adalah fiksi, seperti Pulau Kirrin (pulau pribadi milik keluarga george. Gile tajir amat !! ) yang menjadi lokasi harta karun pada seri pertamanya. Yang bikin gw tertarik itu latar tempat suasana diceritakan kalo disitu suasana masi asri tanpa banyak sentuhan modernisasi dan juga mereka bebas berkeliling ke berbagai wilayah bersama-sama tanpa didampingi orang tua tetapi tetap mendapat pengawasan. Aktifitas mreka juga menyenangkan, tempat kunjungan mreka pasti tidak jauh dari yang disebut danau, sungai jernih, lembah, bukit-bukit, air terjun dll. Mupeng banget deh kalo baca ni novel imajinasi melayang-layang.
Blyton awalnya hanya menuliskan 6 sampai 8 buku cerita Lima Sekawan, namun karena tingginya angka penjualan dan antusiasme pembaca, makan serinya berkembang sampai 21 buku. Sejak akhir 1953 lebih dari 6 juta kopi telah dicetak ulang di Inggris. Sampai sekarang lebih dari 2 juta kopi terjual setiap tahunnya, membuatnya menjadi salah satu buku anak-anak yang paling laris di dunia.

AND THE LAST I SAY : WHO HAVE ALL THE BOOKS OF FAMOUS FIVE? CAN I BORROW ONE ??

0 komentar:

Posting Komentar