Kamis, 27 Oktober 2011

Jangan remehkan waktu tidurmu, be fit guys. . .


Malem emang waktu paling enak buat kita para remaja nyante di kamar, nonton DVD, chatting curhatan ama temen, baca-baca novel, main game+internet  ato telponan. Dan terkadang, kita lupa waktu sangking asyiknya autis di kamar.  Iya kan ?? ngaku deh. . .  Gw tau koq, kalo malem emang jadi saat saat paling pas buat ngilangin rasa bosen kita dari aktifitas padat pagi sampe sore. Tapi guys, bukannya malam itu saat saat kita harus tidur?   Jangan mentang-mentang uda bebas dari aktifitas menyibukan ato pengen nememin pacar yang nggak bisa tidur ato kasian liat temen lagi galau trus ngeladenin curhatan yang nggak ada habisnya itu  kalian asik begadang melek sampe subuh. Nggak baik Loh. . . dan gw yakin abis baca yang satu ini kalian nggak bakal ngelewatin saat saat tidur.


 
Tubuh kita tuh butuh paling dikit 7-8 jam istirahat dalam sehari. Pola tidur yang baik dan teratur bakal bikin tubuh kita segar dan fit menjalani aktifitas. Buat yang hobi begadang kalo dibiarin terus-terusan bisa jadi insomnia. Weittss !! kedengaranya simple tapi jangan remehin guys. And you know what, penelitian di Amerika membuktikan bakwa orang yang kekurangan waktu tidur akan mendapatkan banyak masalah, diantaranya :

1. Bikin gendut


 Nah Loh, percuma deh kamu yang ngotot mati-matian buat diet ngecilin perut, tapi kurang banget waktu tidur. Padahal nih ya, ketika seseorang kurang tidur maka hormon yang bikin kita cepet laper akan meningkat. Jadi bagi kamu yang tidurnya kurang dari jam normal, bawaannya pingin makan akan datang terus. Slain itu, tubuh kita sulit mencerna protein, kolesterol dan sebagainya secara sempurna. So, welcome back dear weight gain :)

2. Wajah jadi nggak banget 
 

Uda tau belum kalo syaraf kulit muka bekerja ngluarin bakteri pada jam 22.00-03.00, itu sebabnya kalo kita bangun pagi biasanya wajah keliatan lebih hitam. Kalo kita tidak tidur pada jam-jam tersebut kulit kita nggak bisa ngeluarin bakteri dan wajah jadi penuh jerawat. Masih belum percaya kalo tidur bisa ngebersihin muka plus bikin tampak lebih mulus?
Gw kasi bukti deh. . . .  Aktor Hollywood, Brad Pitt, mengakui penampilannya sedikit berubah atau tidak segar bila waktu untuk beristrihat tidak cukup. Brad begitu kelelahan dan akhirnya mempengaruhi penampilannya. Bukti lain adalah Jennifer Lopez. Dia justru sengaja menyiapkan waktu selama delapan jam untuk memberikan kesempatan pada tubuhnya mereparasi diri. Hasilnya, tampilan wajah Jennifer tampak jauh lebih muda 10 tahun dari usianya. Nah buat kamu yang pingin punya wajah mulus bersih dari jerawat sebaiknya uda tidur di jam-jam itu.


3. Tukang Marah
 

Orang yang kurang waktu tidur akan lebih mudah marah karena sering ngalamin pusing kepala. Kurang tidur menyebabkan efek samping moody, mengeluh dan rasa terganggu. Studi yang dilakukan Universitas Chicago juga menemukan bahwa tidur kurang dari 7 jam bisa meningkatkan produksi kortisol atau hormon stres. Jadi kalo kita kurang tidur pasti malas beraktifitas. Nggak enak tuh. . .

4. Berkurangnya Keseimbangan
 

Kurangnya waktu tidur akan ngurangi kadar oksigen dalam otak kita. Kemampuan tubuh untuk melakukan keseimbangan akan semakin lemah. Nah itu juga yang menyebabkan seringnya terjadi kecelakaan di jalan. Kalo kamu kurang tidur terus bawa motor ato mobil bisa bahaya tuh. . .

5. Diabetes


 Kalo kita tidur sekitar empat jam perhari kita berpeluang 2,5% lebih besar terkena diabetes. Hati hati yah, kan sekarang penyakit ini nggak cuma menyerang orang dewasa tapi remaja dan anak-anak juga. 

6. Penyakit Jantung

Durasi  tidur yang kurang dapat dengan mudah menyebabkan kita terkena penyakit jantung. Mungkin kita nggak ngerasain itu saat ini, tapi nanti saat berumur 45 tahun keatas.  

7. Memicu Kanker

 Penelitian yang dilakukan oleh Amerika Association For Cancer Research menunjukkan bahwa orang yang durasi tidurnya kurang dari tujuh jam per hari memiliki resiko 47,5 % terserang kanker.  Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health meneliti dan menemukan bahwa hampir 6.000 wanita selama sekitar satu dekade yang merupakan penggemar olahraga tidur 7 jam atau lebih sedikit per malam memiliki kesempatan lebih besar 50% mengidap kanker daripada mereka yang rutin melakukan senam dan memiliki kualitas tidur yang baik. Hal ini terjadi karena kualitas tidur yang buruk dapat menyebabkan gangguan metabolisme hormonal dan dikaitkan dengan risiko kanker.

8. Antibodi menjadi lemah


Orang yang kurang tidur bisa 3 kali lebih rentan mengalami rasa dingin. Penelitian lain menemukan, pria yang kurang tidur akan mengalami kegagalan untuk menjaga respon imun atau kekebalan tubuh secara normal setelah menerima suntikan flu. Kurang tidur juga menyebabkan antibodi yang bekerja setelah dilakukan vaksinasi hanya bisa bertahan paling lama 10 hari. So guys, perbaiki kualitas tidur, maka kekebalan tubuh akan meningkat.

Nah, uda tau kan resiko apa aja yang bakal kita dapet kalo durasi tidur kita kurang, masi mau nerusin kebiasaan begadang? Nggak yah. . jangan. .  Kalo pingin tidur kamu nyenyak dan pulas jangan tidur dalam keadaan lapar ato juga kekenyangan. Jangan melakukan aktifitas lain di tempat tidur pada saat-saat malam, ntar bukanya bikin ngantuk malah tambah melek. Terus kalo kamu masi susah buat tidur, coba dengerin musik kesukaan kamu, tapi jangan yang Rock yah, yang slow aja. Minum susu satu jam sebelum tidur juga bisa bantu kita tidur nyenyak. Dan yang terakhir kalo masi nggak mempan juga, kamu coba pejamin mata trus ngitung deh domba sampe bener-bener tidur.

0 komentar:

Posting Komentar