Sabtu, 06 Agustus 2011

Cara Hidup Sehat

1.  Waspadai berat badan


Orang yang obesitas sangat mungkin memiliki glukosa darah yang tinggi. Konsekuensi dari glukosa darah tinggi mempersempit pembuluh darah khususnya arteri koroner, merusak saraf, ginjal, mata dan sistem kekebalan tubuh. Orang dengan berat badan berlebih juga sangat mungkin mengalami hipertensi, serangan jantung, stroke atau gagal ginjal.

2. Kenali keadaan tubuh

Jangan pernah meremehkan apapun tanda atau sinyal yang diberikan tubuh. Jika  merasa ada sesuatu yang aneh atau sakit, berusahalah proaktif untuk mencari tahu penyebabnya sehingga dapat mencari bantuan medis lebih dini. Lakukan pemeriksaan fisik secara teratur dan jalani skrining dengan tepat.

3. Mulai hidup bersih

Studi menunjukkan bahwa semakin sering kita mencuci tangan, semakin kecil kemungkinan  untuk sakit. Menjaga tangan tetap bersih adalah salah satu cara terbaik untuk menghindari penyakit.

4. Hindari rokok, alkohol, dan obat2 terlarang (narkoba)

Katakan tidak untuk rokok, alkohol, obat-obatan terlarang dan panyalahgunaan resep obat. Segeralah cari bantuan untuk bisa berhenti bila sudah terlanjur menjadi pecandu.


5. Perhatikan apa yang kita lakukan


Pikirkan tentang konsekuensi dari semua tindakan yang kita lakukan. Memang kematian bisa menimpa siapa saja dan dimana saja, tapi setidaknya kita bisa mencegah dengan hal yang sederhana dari apa yang kita lakukan. Setidaknya ada empat perilaku yang bisa menyebabkan kematian, yaitu pembunuhan, bunuh diri, alam dan kecelakaan.

6. Nikmati waktu


Nikmatilah setiap waktu yang dimiliki. Jalani kehidupan dengan optimistis tetapi tidak menghilangkan kualitas waktu yang kita miliki. Banyaklah tersenyum dan bersyukur untuk meringankan beban pikiran.

7. Istirahat yang cukup


Kurang tidur sering dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan fisik dan mental, termasuk berkurangnya sistem imun tubuh. Meski tidak ada penjelasan yang pasti tentang kaitannya dengan sistem imun, namun bisa dipastikan orang yang kurang tidur lebih mudah terserang penyakit. Karena itu jika punya keluhan kesehatan yang tidak jelas penyebabnya, cobalah perbaiki pola tidur.

8. Jangan berbagi-pakai barang pribadi


Ketika masih kecil, berbagi-pakai barang pribadi seperti gelas dan piring dengan sesama teman mempunyai nilai-nilai dan kebahagiaan tersendiri. Sekarang, singkirkan jauh-jauh pola pikir seperti anak kecil itu dan bersikaplah sedikit egois untuk barang-barang yang bersentuhan dengan mulut. Sikat gigi, rokok, makanan, dan minuman mudah menularkan kuman penyakit jika digunakan bersama-sama.

9. Cukupi kebutuhan cairan



Bukan hanya saat sakit, mengonsumsi air banyak-banyak juga perlu dilakukan saat sehat untuk mencegah sakit. Lebih dari 60 persen tubuh manusia terdiri dari air yang fungsinya antara lain mengantarkan nutrisi ke sel sekaligus melarutkan racun-racun dalam tubuh.

10. Makanlah sayur dan buah-buahan yang berwarna warni


Tanpa perlu disadari, setiap saat tubuh selalu memberikan perlawanan terhadap infeksi berbagai virus dan kuman penyakit. Agar fungsi sistem imun tetap terjaga, berikan cukup nutrisi berupa vitamin dan mineral. Sayuran dan buah-buahan merupakan sumber nutrisi yang cukup lengkap. Semakin gelap dan berwarna-warni, umumnya kandungan nutrisinya semakin banyak.

11. Berolahraga


Tak sekedar membuat tubuh merasa segar bugar, berbagai penelitian telah membuktikan secara ilmiah bahwa olahraga seringan apapun asalkan dilakukan secara rutin dapat memperbaiki sistem imun. Belum diketahui pasti bagaimana mekanismenya, namun diduga olahraga secara rutin mencegah terjadinya inflamasi molekul dalam sel yang menyebabkan rusaknya sistem imun.

12. Jangan sembarangan menyentuh muka


Muka atau wajah mempunyai begitu banyak pintu masuk bagi kuman penyakit. Tidak hanya melalui hidung atau mulut, kuman bahkan bisa masuk melalui celah-celah yang tak terduga misalnya mata. Untuk mengurangi risiko masuknya kuman, jangan menjilat tangan maupun memakainyanya untuk menggosok hidung dan mata sekalipun gatal.

0 komentar:

Posting Komentar